Selasa, 08 Desember 2009

Jelang Windows 7, Penjualan Mac Kalahkan PC

Menurut data yang dikumpulkan oleh NPD Group, Apple mengambil kesempatan dari turunnya geliat pasar PC di bulan Oktober lalu. Pada periode tersebut, sebagian besar produsen hardware sedikit mengendurkan kampanye sambil menguras stok barang, menyambut hadirnya Windows 7.

Di bulan Oktober, iMac 21,5 inci merupakan komputer desktop yang paling banyak terjual di pasar Amerika Serikat. Adapun model berukuran 27 inci merupakan produk yang paling laris ketiga di pasar.

Di segmen notebook, MacBook Pro kelas value yang dijual seharga 1,199 dolar AS merupakan notebook terlaris. Yang menarik, menurut data NPD Group, Apple menguasai empat posisi di 10 besar penjualan notebook di Amerika Serikat dengan memegang posisi ke 8, 9, dan 10.

Meski detail lengkap seputar penjualan bulan tersebut tidak disebutkan, akan tetapi AppleInsider melihat penjualan Apple yang tinggi di bulan tersebut. Ini bisa berarti di sisa kuartal 2009, angkanya tidak akan jauh.

Bulan lalu, dilaporkan, penjualan Mac naik 7 persen dibanding Oktober tahun sebelumnya. Padahal, bulan tersebut biasanya merupakan masa-masa tersulit Apple di kuartal keempat setiap tahun.

Diperkenalkannya desain baru dari iMac membuat penjualan Apple juga meningkat pesat. Diperkirakan, penjualan di bulan tersebut mendongkrak total penjualan Mac mencapai 2,9 juta unit di kuartal tersebut. Naik 14 persen dibanding 2008.

Kuartal lalu, Apple juga menikmati kuartal terbaik dengan menjual sebanyak 3 juta unit Mac. Prestasi tersebut membantu mendongkrak keuntungan Apple sebesar 46 persen menjadi 1,67 miliar dolar AS.

0 Comments:

Post a Comment